Nama : ENDANG SAFITRI
SIREGAR
NIM : 13-002
Assalamualaikum wr wb
Selamat malam teman-
teman saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saya selama saya belajar dalam Dunia Pendidikan. Bermula dari saya mendapatkan pengajaran
PEDAGOGI hingga sekarang yang telah berubah menjadi ANDRAGOGI seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan saya .
Sebelum nya ini ada
penjelasan sedikit mengenai PEDAGOGI & ANDRAGOGI
PEDAGOGI :adalah ilmu yang mempelajari bagaimana anak-anak
belajar
ANDRAGOGI : adalah ilmu
yang mempelajari bagaimana orang dewasa belajar
PENGALAMAN SAYA
PEDAGOGI
Sistem pembelajaran
secara Pedagogi saya dapatkan ketika saya duduk di bangku SD,SMP dan mungkin
juga sampai SMA , pada sistem
pembelajaran seperti ini tentu saja saya
masih dikatakan sebagai murid atau siswi di dalam dunia pendidikan dan sebagai anak didik, dalam wilayah sekolah.dalam proses belajar mengajar
pun saya masih terlalu pasif hanya diam saja mendengar materi yang di beri oleh
guru, dan sekali kali diberikan tugas rumah , yang merupakan evaluasi
penguasaan materi dari guru saya .
Sepanjang pembelajaran
, semuanya berpusat pada pada isi dan
hanya bersifat teoritis saja . , dan
tujuan pencapaian pembelajaran pun sudah
ditentukan sebelumnya , dengan membuat rancangan target pembelajaran yang harus dicapai , dan
murid hanya bisa menerima ilmu atau
pembelajaran sesuai dengan rancangan tujuan / target keberhasilan murid
yang di susun oleh guru, dan staf pengajar lainnya.
Keterikatan
pembelajaran yang ada di pihak guru , meminimalkan perluasan materi yang saya dapatkan ketika masa itu , sehingga apa yang
dituangkan oleh guru itulah yang
menjadi patokan bagi saya dalam belajar,
benar/ salah dan sesuai atau tidak semuanya tergantung oleh guru nya .
selain itu dalam mengerjakan tugas atau pembahasan mata pelajaran waktu dan
kesigapan dari murid / saya sendiri, itu di kendalikan oleh guru, sehingga
hasil pencapaian prestasi seorang murid itu di atur oleh guru. Misalnya pada
Ujian matematika guru memberikan waktu
yang sesuai dengan kemampuan muridnya , dan mengatur kecepatan dalam
penyelesaiannya , sehingga terkadang banyak materi yang terabaikan karena
,sebelum lanjut dalam materi selanjutnya
materi sebelumnya harus di pahami terlebih dahulu.sehingga kami harus benar-
benar paham atas materi yang diberikan .
Dan dalam proses
belajar mengajar pun , siswa sama sekali belum memiliki pengalaman terhadap
materi yang disampaikan, dan kurang nya informasi mengenai bahasan pembelajaran
tersebut , sehingga tugas seorang guru
dalam Sistem Pedagogi ini pun Guru lah yang menjadi sumber utama murid yang
memberikan informasi atau ide- ide serta contoh dalam kegiatan belajar mengajar
disekolah . terima kasih itulah sistem pembelajaran PEDAGOGI yang saya dapatkan .
ANDRAGOGI
Sistem pembelajaran
ANDRAGOGI pun saya dapatkan di bangku
perkuliahan , tapi karena suasana pembelajaran yang masih baru dalam dunia pengetahuan
saya , membuat saya canggung dalam bersikap dewasa untuk belajar .
Dalam perguruan tinggi
sapaan dari seorang pelajar bisa dikatakan sebagai peserta didik atau warga
belajar dan biasanya disebut juga sebagai mahasiswa ,perbedaan metode
pembelajaran yang saya dapat kan pun berupa pelatihan yang bersifat aktif
sehingga menuntut seorang pelajar untuk sigap dan terampil , serta berlaku kritis dalam proses belajar mengajar. Seperti
melakukan persentasi dalam setiap penyampaian materi yang disampaikan oleh
peserta didik,dan melakukan pengamatan dan penjelajahan di lapangan seperti
observasi .
Tujuan pembelajaran
yang ada dalam sistem perkuliahan atau yg saya jalani saat ini itu sangat
flexibel / bebas jadi seorang pelajar lah yangg menentukan hasil pencapaian
prestasi nya sendiri , seorang dosen atau tenaga pengajar hanya sebagai
fasilitator dalam mengajar dia tidak mengharuskan ,dam memperdulikan para
peserta didik nya untuk paham dan mau menerima ajarannya . tapi kita harus
dituntut untuk bisa menguasai pembelajaran dengan metode kita sendiri
tergantung bagaimana cara kita untuk menerima pembelajaran tersebut dengan baik
, dan sungguh-sungguh.misalnya kita hanya belajar dengan mencatat atau
mengumpulkan slide- slide yg diberikan oleh dosen .
Bukan hanya itu
pembelajaran pun menjadi pengaruh dalam waktu dan kecepatan kita dalam menerima
isi pembelajaran tersebut , maka dari itu kita di tuntut sigap dan lebih kritis
dalam belajar.selain itu di upayakan dan diharapkan agar pelajar atau mahasiswa
psikologi memiliki pengalaman atas apa yang di ajarkan agar dapat berkotribusi
dan menuangkan pemahamanya dalam
pembelajaran tersebut ,seperti dalam mata kuliah psi Pendidikan , yang
menuntut mahasiswa untuk menjeelaskan materi Pedagogi dan Andragogi ini.
sehingga dalam sistem pembelajaran ANDRAGOGI
ini pun para pelajar atau mahasiswa dituntut untuk menuangkan dan menerapkan ,
ide-ide dan contoh –contoh, sesuai
dengan pemahaman pelajar
demikianlah pengalaman
saya yang saya dapatkan dalam dunia Pendidikan yang saya jalani sekarang
ini.terima kasih perhatiannya, saya mengucapkan TERIMA KASIH ALL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar