Jumat, 06 Juni 2014

PEDAGOGI & ANDRAGOGI













Nama : ENDANG SAFITRI SIREGAR
NIM   : 13-002
Assalamualaikum wr wb

Selamat malam teman- teman saya ingin menceritakan sedikit pengalaman saya selama  saya belajar dalam Dunia Pendidikan.  Bermula dari saya mendapatkan pengajaran PEDAGOGI hingga sekarang yang telah berubah menjadi ANDRAGOGI  seiring dengan  pertumbuhan dan perkembangan saya .
Sebelum nya ini ada penjelasan sedikit mengenai PEDAGOGI & ANDRAGOGI
PEDAGOGI :adalah  ilmu yang mempelajari bagaimana anak-anak belajar
ANDRAGOGI : adalah ilmu yang mempelajari bagaimana orang dewasa belajar

PENGALAMAN SAYA
PEDAGOGI

Sistem pembelajaran secara Pedagogi saya dapatkan ketika saya duduk di bangku SD,SMP dan mungkin juga  sampai SMA , pada sistem pembelajaran seperti ini tentu saja saya  masih dikatakan sebagai murid atau siswi di dalam dunia pendidikan  dan sebagai anak didik, dalam  wilayah sekolah.dalam proses belajar mengajar pun saya masih terlalu pasif hanya diam saja mendengar materi yang di beri oleh guru, dan sekali kali diberikan tugas rumah , yang merupakan evaluasi penguasaan materi dari guru saya .
Sepanjang pembelajaran , semuanya berpusat pada pada isi  dan hanya bersifat teoritis  saja . , dan tujuan  pencapaian pembelajaran pun sudah ditentukan sebelumnya , dengan membuat rancangan  target pembelajaran yang harus dicapai , dan murid hanya bisa menerima ilmu atau  pembelajaran sesuai dengan rancangan tujuan / target keberhasilan murid yang di susun oleh guru, dan staf pengajar lainnya.
Keterikatan pembelajaran yang ada di pihak guru , meminimalkan perluasan materi yang saya  dapatkan ketika masa itu , sehingga apa yang dituangkan oleh guru itulah  yang menjadi  patokan bagi saya dalam belajar, benar/ salah dan sesuai  atau  tidak semuanya tergantung oleh guru nya . selain itu dalam mengerjakan tugas atau pembahasan mata pelajaran waktu dan kesigapan dari murid / saya sendiri, itu di kendalikan oleh guru, sehingga hasil pencapaian prestasi seorang murid itu di atur oleh guru. Misalnya pada Ujian matematika  guru memberikan waktu yang sesuai dengan kemampuan muridnya , dan mengatur kecepatan dalam penyelesaiannya , sehingga terkadang banyak materi yang terabaikan karena ,sebelum lanjut dalam materi  selanjutnya materi sebelumnya harus di pahami terlebih dahulu.sehingga kami harus benar- benar paham atas materi yang diberikan .
Dan dalam proses belajar mengajar pun , siswa sama sekali belum memiliki pengalaman terhadap materi yang disampaikan, dan kurang nya informasi mengenai bahasan pembelajaran tersebut , sehingga  tugas seorang guru dalam Sistem Pedagogi ini pun Guru lah yang menjadi sumber utama murid yang memberikan informasi atau ide- ide serta contoh dalam kegiatan belajar mengajar disekolah . terima kasih itulah sistem pembelajaran PEDAGOGI yang saya  dapatkan .



ANDRAGOGI
Sistem pembelajaran ANDRAGOGI  pun saya dapatkan di bangku perkuliahan , tapi karena suasana pembelajaran yang masih baru dalam dunia pengetahuan saya , membuat saya canggung dalam bersikap dewasa untuk belajar .
Dalam perguruan tinggi sapaan dari seorang pelajar bisa dikatakan sebagai peserta didik atau warga belajar dan biasanya disebut juga sebagai mahasiswa ,perbedaan metode pembelajaran yang saya dapat kan pun berupa pelatihan yang bersifat aktif sehingga menuntut seorang pelajar untuk sigap dan terampil , serta berlaku kritis  dalam proses belajar mengajar. Seperti melakukan persentasi dalam setiap penyampaian materi yang disampaikan oleh peserta didik,dan melakukan pengamatan dan penjelajahan di lapangan seperti observasi .
Tujuan pembelajaran yang ada dalam sistem perkuliahan atau yg saya jalani saat ini itu sangat flexibel / bebas jadi seorang pelajar lah yangg menentukan hasil pencapaian prestasi nya sendiri , seorang dosen atau tenaga pengajar hanya sebagai fasilitator dalam mengajar dia tidak mengharuskan ,dam memperdulikan para peserta didik nya untuk paham dan mau menerima ajarannya . tapi kita harus dituntut untuk bisa menguasai pembelajaran dengan metode kita sendiri tergantung bagaimana cara kita untuk menerima pembelajaran tersebut dengan baik , dan sungguh-sungguh.misalnya kita hanya belajar dengan mencatat atau mengumpulkan slide- slide yg diberikan oleh dosen .
Bukan hanya itu pembelajaran pun menjadi pengaruh dalam waktu dan kecepatan kita dalam menerima isi pembelajaran tersebut , maka dari itu kita di tuntut sigap dan lebih kritis dalam belajar.selain itu di upayakan dan diharapkan agar pelajar atau mahasiswa psikologi memiliki pengalaman atas apa yang di ajarkan agar dapat berkotribusi dan menuangkan pemahamanya dalam  pembelajaran tersebut ,seperti dalam mata kuliah psi Pendidikan , yang menuntut mahasiswa untuk menjeelaskan materi Pedagogi dan Andragogi ini.
 sehingga dalam sistem pembelajaran ANDRAGOGI ini pun para pelajar atau mahasiswa dituntut untuk menuangkan dan menerapkan , ide-ide  dan contoh –contoh, sesuai dengan pemahaman pelajar
demikianlah pengalaman saya yang saya dapatkan dalam dunia Pendidikan yang saya jalani sekarang ini.terima kasih perhatiannya, saya mengucapkan TERIMA KASIH ALL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar